5 K-Pop Group Paling Cepat Bubar Setelah Debut

Posted on

Industri hiburan Korea Selatan merupakan salah satu dengan laju tercepat. Banyaknya K-pop group yang debut sayangnya seiring dengan lebih banyak lagi group yang bubar. Sayangnya lagi, beberapa group bahkan debut dan bubar dalam waktu singkat.

Group K-pop debut dan bubar dalam waktu singkat. Beberapa group bahkan tidak sempat debut dalam hitungan tahun sebelum akhirnya bubar.

Ada banyak alasan mengapa sebuah group bubar. Mulai dari karena dinilai kurang sukses, kontroversi, sampai juga karena para member yang memutuskan untuk mengambil jalan berbeda. Bubarnya group-group ini tentu saja membuat penggemar kaget dan terkejut.

Di bawah ini merupakan 5 K-pop group yang bubar dalam waktu paling cepat.

5. XUM

Xumething Unlimited Move atau XUM debut pada 24 September 2020 dengan single album ‘Ddalala.’ Girl group dengan 3 orang member di bawah agensi Kpop Live Entertainment ini akhirnya bubar pada 1 Juni 2021. Hanya 9 bulan setelah debut.

XUM terdiri dari member girl group yang sebelumnya sudah bubar, Neon Punch. Ada Daeyeon, Baekah, dan Iaan. Neon Punch sebelumnya bubar karena berbagai komplikas Covid-19. Sayangnya setelah debut ulang dengan XUM pun tidak bertahan lama.

4. Bob Girls

Bob Girls merupakan salah satu girl group unik yang sayangnya bubar terlalu cepat. Girl group dengan ciri khas rambut bergaya bob ini debut pada 10 Juni 2014. Sayangnya hanya 8 bulan setelahnya Bob Girls memutuskan disband, tepat pada 24 Februari 2015.

Girl group ini sebenarnya cukup mendapat perhatian penggemar. Selain karena penampilannya yang tampil dengan rambut bob, yang kala itu memecahkan norma girl group dengan rambut panjang. Bob Girls debut dengan “No Way” dan bahkan sempat merilis repacked summer album.

Bob Girls memutuskan debut setelah salah satu membernya, Jina didiagnosa encephalitis. Sehingga tidak bisa melanjutkan masa promosi. Girl group ini akhirnya memutuskan untuk bubar.

3. Kiss&Cry

Kiss&Cry debut di bawah agensi Winning Insight M. Girl group dengan 4 orang member ini debut dengan digital single “Domino Game” pada 24 Januari 2014. Kiss&Cry cukup mendapatkan sukses. Terlebih setelah mereka comeback dengan “Revenge” pada bulan Mei di tahun yang sama.

Namun pada bulan September di tahun yang sama, Haena memutuskan untuk keluar dari group. Setelah itu hanya selang 7 bulan kemudian Kiss&Cry akhirnya memutuskan bubar.

2. 1NB

Girl group dengan nama 1 New Best ini debut pada 29 November 2017 dengan single “Where U At”. Debut di bawah agensi Trivus Entertainment dengan 5 orang member, 1NB menarik perhatian setelah merilis video musik “Stalker”. “Stalker” hadir dengan video musik bertema horor sepanjang 9 menit.

Video musik dan lagu pre-debut ini meraih lebih dari 1 juta views dalam waktu 1 minggu. Bahkan juga mendapat pujian dari komikus Jepang, Junji Ito.

Namun dibalik kesuksesan dan pujian yang diterima, 1NB akhirnya bubar hanya 5 bulan setelah debut pada 27 April 2018.

1. SOLIA

Girl group dengan 5 orang member ini debut di bawah agensi Space Music Entertainment pada 17 Agustus 2021. Debut dengan nama Special Our Light Influence Artist, SOLIA merilis digital single “Dream”. Para member dari girl group ini sebelumnya sudah pernah debut di bawah SIOSIJAK. Sebelum akhirnya SIOSIJAK bubar dan mereka debut ulang bersama SOLIA.

Menariknya, hanya 5 hari sejak debut SOLIA memutuskan untuk bubar. K-pop group ini memutuskan untuk bubar karena para member memilih untuk menempuh karir berbeda. Mereka tidak lagi menginginkan promosi bersama group. Sehingga akhirnya bubar pada 22 Agustus 2021.

 

 

Source: (1)

iniKpop