8 Fakta Alchemy of Souls, Drama Korea Bertabur Bintang | Plagiat Serial China?

Posted on

Cek fakta Alchemy of Souls yang nggak kalah seru dari ceritanya!

Kalau kamu penggemar drama Korea, pastinya sudah nggak asing lagi terhadap serial satu ini. “Alchemy of Souls” menjadi salah satu drama Korea yang lagi ramai diperbincangkan. Nggak hanya deretan pemainnya saja yang bertabur bintang, tetapi ceritanya juga bikin penasaran buat ditonton.

Nah, drama Korea “Alchemy of Souls” bercerita tentang Mu Deok (Jung So Min) yang dirasuki jiwa pembunuh bayaran bernama Nak Soo (Go Yoon Jung). Sayangnya, jiwanya itu terjebak dalam tubuh Mu Deok yang lemah. Mu Deok akhirnya menyamar sebagai pelayan seorang tuan muda Jang Wook (Lee Jae Wook) dan mengajarinya cara bertarung.

Ber-setting di negeri fiksi Daeho, misi Nak Soo atau Mu Deok adalah menghabisi nyawa penguasa di negeri itu. Kekuatan magis dalam drama pun semakin terasa kuat dari setiap karakter yang ada di serial. Kira-kira apakah misi Nak Soo pembunuh bayaran bisa berhasil?

Fakta Menarik Drama Korea Alchemy of Souls

Apakah kamu sudah dengar fakta “Alchemy of Souls”? Ternyata, nih, ada banyak fakta menarik dari drama Korea hits 2022 satu ini. Daripada semakin penasaran, langsung saja cek ulasannya berikut ini, yuk!

1. Naskah drama ditulis oleh Hong Bersaudara

Source: Instagram.com/tvn_drama/

Fakta “Alchemy of Souls” pertama yang harus kamu tahu adalah naskah drama Korea satu ini ditulis oleh Hong Bersaudara atau Hong Sisters, alias Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. Sudah ada banyak drama Korea sukses yang ceritanya ditulis oleh Hong Sisters ini.

“My Girlfriend is a Gumiho”, “Hotel Del Luna”, dan “Master’s Sun” menjadi beberapa daftar drama Korea yang naskahnya digarap oleh Hong Sisters. Dari ketiga drama di atas, tentu kamu sudah tahu apa hal yang sama, kan? Yap, naskah drama yang ditulis Hong Sisters biasanya bergenre fantasi. Begitu juga dengan genre dari “Alchemy of Souls”, nih!

2. Digarap oleh sutradara ternama

Source: Instagram.com/tvn_drama/

Drama Korea yang sukses tentunya berawal dari kolaborasi penulis naskah drama yang andal dan sutradara ternama. Nah, drama Korea 20 episode ini disutradarai oleh Park Joon Hwa. Sebelumnya, ia menyutradari beberapa drama yang terbilang sukses, lho.

Beberapa drama yang sukses ia sutradari di antaranya adalah “Let’s Eat” (2013-2014), “Let’s Eat 2” (2015), “Bring It On”, “Ghost” (2016), “Because This is My First Time” (2017), “What’s Wrong With Secretary Kim” (2018), dan “Touch Your Heart” (2019).  Kamu pernah nonton yang mana, nih?

3. Bukan drama genre sageuk?

Source: tvN

Sejak awal perilisan teaser “Alchemy of Souls”, drama Korea ini sudah menuai kritik. Penampilan rambut pirang dan aksesori yang dikenakan aktor dalam drama ini dinilai terlalu modern untuk drama jenis sageuk.

Drama sageuk adalah cerita drama yang mengambil latar kerajaan Korea, seperti era Joseon, Goryeo, Silla, atau kerajaan lainnya. Cerita yang ditampilkan juga biasanya merupakan cerita sejarah atau kolosal. Ciri khas drama ini adalah karakternya menggunakan pakaian adat Korea dan juga dialek sageuk, seperti yang dilansir dari IDN Times.

Banyak netizen Korea yang berpendapat jika “Alchemy of Souls” bukan mengambil genre sageuk, melainkan fantasi. Bagaimana menurutmu? Apakah “Alchemy of Souls” termask dalam drama sageuk? Tulis di kolom komentar, yuk.

4. Berisi deretan pemain papan atas

Source: MyDramaList

Fakta “Alchemy of Souls” berikutnya yang nggak boleh terlewatkan adalah deretan bintang yang bertaburan dalam drakor satu ini. Tentunya kamu sudah tahu, dong, siapa yang bermain dalam drakor ini?

Jung So Min, Lee Jae Wook, Go Yoon Jung, dan Hwang Minhyun menjadi pemeran utama dalam drama ini. Selain itu, drama ini juga didukung oleh beberapa aktor pendukung, seperti Lee Do Kyung, Kim Yong-Jin, Jo Jae-Yun, dan Park Eun-Hye. Ada juga Yeom Hye Ran, Park Byung Eun, dan Joo Sang yang mengambil peran di sini.

5. Mendapatkan rating tinggi

Source: MyDramaList

Saat ini, ya, “Alchemy of Souls” menjadi drama Korea on-going yang paling banyak dibicarakan, mengalahkan drama lainnya yang juga sedang tayang, seperti “Why Her”, “Eve”, “Jinxed at First”, dan “Link Eat Love Kill”.

Dilansir dari Soompi, drama yang dibintangi Jung So Min dan Lee Jae Wook ini mencetak rating rata-rata nasional 6,8 persen sejak episode keempat hingga terbaru. Hal ini menjadi fakta bahwa “Alchemy of Souls” merajai program TV kabel sepanjang hari Minggu silam.

Sementara itu, dikutip dari Tatler Asia, di wilayah Metropolitan Korea, Seoul dan sekitarnya, drama Korea ini mencatat rating rata-rata 6,694 persen untuk episode terbaru. Sebelumnya, drama ini mendapat rating rata-rata nasional 5,158 persen di wilayah tersebut.

6. Spekulasi pemeran utama wanita yang digantikan

Source: Netflix

Nah, kalau satu ini bukan fakta “Alchemy of Souls” melainkan spekulasi yang beredar di antara netizen Korea. Terdapat rumor dari salah satu media Korea yang menyebutkan bahwa Go Yoon Jung akan menggantikan Jung So Min sebagai pemeran utama wanita di “Alchemy of Souls” season kedua.

tvN selaku stasiun televisi yang memproduksi drama Korea ini pun memberi tanggapan. Mereka berpendapat jika season kedua Alchemy of Souls masih dirahasiakan. Selain itu, season pertamanya juga masih on-going, lho. Rincian apa pun tentang season kedua nggak dapat diumumkan saat ini, karena bisa jadi spoiler, terang pihak tvN, seperti yang dilansir dari Wollipop.

Source: Kdrama Unni

Faktanya, nih, Go Yoon Jung bukanlah nama baru dalam drama “Alchemy of Souls”. Ia berperan sebagai karakter Nak Soo, seorang pembunuh bayangan yang jiwanya merasuki tubuh Mu Deok (Jung So Min).

7. Sempat dituduh plagiat

Source: ZAPZEE

Drama hits tentunya nggak lepas dari kontroversi netizen, nih. Termasuk juga fakta “Alchemy of Souls” yang dituduh melakukan plagiat dari drama China.

Banyak netizen yang berpendapat jika adegan Nak Soo (Go Yoon Jung) dan Park Jin (Yoo Joon Sang) bertarung di atas es menggunakan busur panah dan pedang sangat mirip dengan scene di drama China berjudul “Ever Night”. Kritik pun langsung tertuju pada penulis skenario Hong Sisters.

Sebelumnya, nih, Hong Sister juga mendapat tuduhan plagiat pada drama “The Greatest Love”, “Master’s Sun”, dan “Hotel Del Luna”. Bagamana pendapatmu? Apakah ini hanya kebetulan yang tak disengaja? Tulis opinimu di kolom komentar, yuk!

8. Bisa nonton Alchemy of Souls di mana?

Source: Aegyo.id

Siapa, nih, yang masih belum tahu di mana nonton drama Korea A”lchemy of Souls”? Well, kamu bisa menonton “Alchemy of Souls” setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21.10 KST di kanal TV kabel tvN. Selain di tvN, kamu juga bisa menyaksikan drama Korea 20 episode ini di Netflix, lho.

Jangan lupa sediakan camilan dan minuman segar saat menonton drama Korea fantasi satu ini, ya. Dijamin bakalan tambah seru!


Itulah beberapa fakta “Alchemy of Souls”, drama Korea bertabur bintang yang sempat dituduh plagiat serial China. Mulai dari penulis naskah hihts hingga kanal untuk nonton drakor. Bila kamu juga menonton drama Korea satu ini, coba tulis fakta “Alchemy of Souls” lainnya di kolom komentar, yuk.